Sunday, October 6, 2013

Bersyukur

23:16 PM

Besok Summative 2 Modul Dermato-Musculoskeletal. Sudah belajar, sudah formative, ingin tidur, tapi insecure. Seperti menunggu sesuatu datang menghampiri, tapi apa yang ditunggu? Yap, ini khawatir namanya. Entah ini pertanda baik atau buruk untuk summative esok, namun gue selalu berharap ini pertanda baik.

Kalau dipikir-pikir lagi, flashback ke zaman dulu, lihat-lihat lagi hari kemarin, kemarinnya lagi.... Kapan Allah nggak ada buat gue? 

Selama gue hidup, banyaaaak masalah yang harus dihadapi, suka maupun tidak. Masalah intrapersonal, masalah antar teman, masalah akademik, masalah organisasi, dan bermacam-macam masalah lainnya. Gue selalu percaya, keadaan sesulit apapun pasti bagaimanapun juga akan berlalu. 

Contoh aja, ketika gue beberapa bulan lalu harus menghadapi ribuan kemelut kesulitan dan tetek bengek organisasi, ujian modul, yang akhirnya semua membuat gue harus terbaring di rumah sakit, gue percaya Allah pasti akan menolong gue bagaimanapun caranya. Dan benar saja, alhamdulillah ujian akhir modul gue lulus dengan nilai yang menurut gue memuaskan. Semua masalah organisasi itupun selesai. Sampai sekarang gue juga nggak habis pikir, how come I survived those waves? well, jawabannya hanya satu, karena Allah selalu ada di samping gue. Menenangkan hati, menguatkan hati, memberi gue pencerahan akan bagaimana gue harus bertindak dan solve those problems and stuffs

Selain masalah itu, masih banyak hal-hal lain dimana Allah selalu ada di samping gue. Ketika gue galau akan apapun itu, terjepit masalah-masalah intra maupun interpersonal, gue selalu diberi jalan keluar yang baik. Ya, meskipun jalan keluar itu nggak diberi langsung ataupun secara instan (harus benar-benar dipikir dan dicari), tapi sooner or later jalan keluar itu pasti ada, entah dalam bentuk pencerahan, suara batin, atau apapun. jalan keluar itu ada

Allah itu selalu ada untuk umat-Nya, ketika umat-Nya sedang dalam kesulitan, kesedihan, dan permasalahan apapun, Allah pasti akan ada untuk memberi jalan keluar, dan mengembalikan semangat serta senyuman manis umat-Nya.

Kita harus selalu bersykur, atas apa yang kita punya sekarang. No matter how big your problems are now, no matter how stressful you get, no matter how depressed you are now, selalu ingat kalau ujian ini pasti ada akhirnya. Semua pasti ada jalan keluarnya. Semua itu butuh waktu, lo butuh waktu untuk figure out how things will go from here, dan masalah lo pun butuh waktu untuk sampai ke jalan keluarnya. 

Cheers!



1 comment:

Christy S said...

masalah organisasinya.. *mompa sampe biceps kanan kenceng*